Selasa, 27 April 2010

GORONTALO...pewaris keindahan TOMINI.

PROVINSI GORONTALO

GORONTALO adalah ibu kota dari sebuah provinsi di bagian utara Sulawesi dengan nama yang sama, Provinsi Gorontalo. Ini adalah sebuah kota yang mewarisi keindahan teluk Tomini, teluk yang sangat indah dan tenang. Karena itu, Kota Gorontalo dan wilayah sekitarnya memiliki beberapa wisata bahari yang menakjubkan. Di sana juga terdapat beberapa wisata alam, budaya, dan sejarah.

Gorontalo

Gorontalo terletak menghadap ke Teluk Tomini dan dikelilingi oleh jajaran pegunungan yang sejuk. Membentang seluas 64,79 kilometer persegi. Kondisi alam Gorontalo sangat mendukung kota ini menjadi kota wisata dengan keindahan alam, kearifan budaya, dan kekayaan khazanah sejarah.

Pariwisata
Gorontalo dan wilayah sekitarnya memiliki beragam obyek wisata yang menarik. Mulai wisata bahari, wisata alam, wisata sejarah, dan wisata kebudayaan. Wisata bahari Gorontalo sangat menarik karena daerah ini terletak menghadap Teluk Tomini yang tenang. Pantai-pantaiya berpasir putih, pulau-pulau rimbun oleh pepohonan, terumbu karang yang indah, dan hewan laut yang beraneka ragam.

Gorontalo 2

Gorontalo menawarkan wisata alam yang menakjubkan. Ratusan hewan dan tumbuhan endemik hidup di Taman Nasional Biogani Nani Wartabone. Inilah taman nasional dengan pemandangan yang sangat indah. Selain itu, sebagai wilayah vulkanik, Gorontalo memiliki beberapa sumber mata air panas alami. Ada pula air terjun dan danau-danau unik. Anda dapat menikmati wisata Gorontalo sepuas Anda.

Gorontalo 3

Kebudayaan
Kota Gorontalo dan wilayah sekitarnya dihuni oleh beragam suku, yaitu Suku Gorontalo, Suku Bugis, Suku Polahi, Suku Jawa, Suku Makassar, Suku Bali, Suku Minahasa, dan Tionghoa. Suku asli Gorontalo memiliki warisan kebudayaan. Bebeapa di antaranya adalah rumah adat yang berarsitektur indah. Setiap tahun, beragam suku di Gorontalo menampilkan warna-warni kebudayaan mereka dalam Festival Otanaha.

Kebudayaan asli Gorontalo sangat kental dipengaruhi oleh agama Islam. Orang Gorontalo mengawinkan unsur adat dan agama secara cantik. Lihatlah tradisi tumbilotohe, yaitu tradisi membuat Kota Gorontalo gemerlap dengan lentera setiap malam lebaran. Dalam pesta perkawinan, masyarakat Gorontalo menyanyi dan menari dengan musik rebana dan syair doa.

SUMBER : Website Gorontalo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ASSALAMU ALAIKUM WARRAHMATULLAHI WABARAKATUHU.........

TENTANG HARI INI

BUKU TAMU


Mau bersahabat dengan aku lewat Facebook ?
Click aja disini---> risvie.erick@yahoo.co.id